Apa Itu SEO Off Page & Tips Optimasi Secara Tepat dan Cermat

1 min read

optimasi seo off page

Yang harus kita tahu, melakukan SEO on page saja tidaklah cukup. Anda juga harus melakukan SEO off page & tips optimasi untuk meningkatkan konten/artikel SEO secara keseluruhan. Berangkat dari hal ini, kami akan membahas informasi tersebut secara tepat dan cermat. 

Apa Itu SEO Off Page?

Jika pada SEO on page lebih mengoptimasi di dalam lingkup internal website, berbeda dengan strategi SEO off page.

SEO off page lebih mengoptimalkan konten dari faktor eksternal. Faktor eksternal yang dimaksud seperti backlink/inbound link hingga share melalui sosial media.

Sayangnya banyak orang yang salah paham bahwa SEO off page hanya mengulas seputar link building saja. Namun sebenarnya cakupan SEO off page jauh lebih mendalam.

Meski tak bisa dipungkiri jika link building berperan penting dalam membangun website, tetapi juga ada faktor pendukung lainnya. Karena kembali lagi, banyak hal yang harus dilakukan untuk memaksimalkan SEO off page.

Baca Juga : Tips Optimasi On Page SEO Website

Tips Optimasi SEO off Page Secara Tepat dan Cermat

Membangun Reputasi

Ketika situs web yang Anda kelola memiliki peringkat tinggi, secara otomatis website mu pun akan penuh pengunjung. 

Namun yang perlu Anda ketahui, website akan muncul di halaman pertama Google jika memuat konten berkualitas, sesuai kaidah SEO, informatif dan masih banyak lagi.

Link Building

Mengulik tentang SEO off page, memang tak jauh jauh dari link building. Membangun link sendiri termasuk bagian penting untuk mengoptimasi SEO off page. Jadi, mengapa ini menjadi hal yang cukup penting?

Tak lain karena Google berfokus pada algoritma yang bernama Page Rank. Page Rank sendiri adalah algoritma yang menilai kuantitas dan kualitas backlink pada sebuah website. 

Meski beberapa orang mengatakan pagerank sudah tidak relevan pada Google, namun faktanya algoritma pagerank masih sangat dipertimbangkan.

Memanfaatkan Google Bisnis

Setiap hari Google menerima miliaran pencarian informasi oleh para penggunanya. Maka tak ada salahnya jika Anda menambahkan informasi seputar bisnis pada fitur Google Bisnisku, Google MyBusiness dan sejenisnya.

Caranya pun sangat mudah. Cukup tambahkan foto, informasi dasar dan alamat websitenya.

Sosial Media

Sosial media memiliki kekuatan yang signifikan. Mengapa? Karena hampir semua orang memiliki akun dunia mayanya sendiri. Meski sekilas hanya seperti akun untuk bersenang-senang, namun ternyata sangat berguna dalam strategi off page SEO.

Melakukan promosi melalui sosial media bukan termasuk strategi link building. Karena biasanya link yang masuk akan berbentuk no follow links. Dengan langkah yang baik ini, secara perlahan traffic pengunjung dapat meningkat.

Nanti bila user lain menemukan profil brand, besar kemungkinan blog/website Anda akan sering dikunjungi. Ini karena sosial media dapat mengarahkan penggunanya untuk menuju profil beranda.

Anchor Text

Anchor Text merupakan teks berisi link yang dapat di klik oleh pengunjung website. Bahkan Google sendiri mengatakan bahwa anchor text menjadi salah satu faktor penting dalam SEO off page. 

Faktanya link dengan anchor text yang persis dengan keyword tertarget menghasilkan kualitas pencarian yang lebih baik.

Meskipun Anda tak bisa selalu mengontrol anchor text di link website, kecuali jika Anda memintanya langsung dari pemilik website. Meski begitu, semua tetap ada batasannya. Sebab terlalu sering melakukan backlink/inbound link pun dapat menyebabkan penalti Google.Sekian informasi seputar apa itu off page SEO & tips optimasi secara tepat dan cermat. Semoga bermanfaat!