Cara Riset Keyword SEO Mudah dan Anti Ribet

1 min read

cara riset keyword seo

Ketika membuat konten SEO, salah satu bagian penting di dalamnya adalah cara riset keyword SEO dengan baik dan benar. Berangkat dari hal ini kami akan membahas seputar mencari kata kunci potensial untuk meningkatkan situs atau website terkait.

Sebelum masuk pada pembahasan utama yakni research keyword, yuk pahami dulu mengenai definisi/pengertiannya.

Apa Itu Riset Keyword?

Riset keyword adalah proses menentukan kata kunci yang potensial ketika membuat konten artikel pada website atau blog. 

Ketika sedang melakukan pencarian kata kunci, pilihlah keyword yang paling potensial. Dengan begitu, situs Anda akan lebih mudah untuk didatangi para pengunjung.

Adapun jenis keyword terbagi menjadi dua, yakni Short Tail Keyword dan Long Tail Keyword. Namun ada beberapa orang yang menyebutkan berjumlah 4 tambahannya adalah keyword musiman dan keyword abadi. 

Cara Riset Keyword Untuk Meningkatkan Trafik Website dengan Benar

Nah setelah mengetahui apa itu riset keyword, kita langsung masuk ke pembahasan cara riset keyword gratis dengan mudah. 

Pelajari Niche-mu

Menurut beberapa keyword tool, sebelum mencari kata kunci sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu topik yang terkait.

Mengapa? Agar Anda bisa mendapatkan ide-ide yang out of the box untuk mengatur strategi tepat dalam SEO (Search Engine Optimization).

Search Volume Keyword

Search volume adalah hasil pencarian kata kunci pada search engine dalam kurun waktu tertentu. Pada prosesnya, mereka akan menampilkan banyaknya pencarian keyword pada satu bulan terakhir.

Misalnya ada sebuah keyword yang menunjukan angka 100.000 hasil pencarian Google. Itu artinya kata kunci tersebut sudah memiliki 100.000 kali pencarian Google, namun dalam kurun satu bulan saja.

Keyword Difficult

Bagian ini menunjukan seberapa tingkat kesulitan sebuah keyword yang berada di halaman pertama mesin pencarian. Semakin tinggi kesulitan sebuah keyword, maka semakin sulit pula untuk bersaing pada halaman satu Google. Biasanya memiliki konversi nilai dari 1-100.

Metrik ini harus selalu diperhatikan, pastikan pula keyword difficult berada di tingkat yang rendah. Pengecualian jika website Anda memiliki authority yang tinggi, sehingga bisa menggunakan keyword dengan tingkat kesulitan yang besar.

Biasanya semakin tinggi suatu keyword difficult, maka semakin besar pula volume pencariannya. Sekedar informasi untuk Anda yang baru membuat website, sebaiknya targetkan keyword difficult di bawah 20 dari skala 1-100.

Keyword Suggestion

Keyword Suggestion adalah saran kata kunci yang berhubungan dengan kata kunci utama. Misalnya Anda sedang mencari keyword “membuat website”, maka tools kata kunci akan menyarankan keyword lain seperti “cara membuat website”, “membuat website mudah” dan lain sebagainya.

Selain itu, keyword tools juga akan memberikan saran long tail keyword. Apa itu long tail keyword?

Adalah sebuah kata kunci yang lebih panjang, setidaknya tiga kata atau lebih. Misalnya “cara membuat website gratis”. 

Melalui fitur suggestion,  Anda bisa menemukan long tail keyword yang cocok untuk optimasi website atau blog Anda. Dengan long tail keyword, maka pencarian di Google jauh lebih menarik.

Search Engine Result Page

Search Engine Result Page atau SERP berfungsi sebagai penunjuk laman yang menduduki page one hasil pencarian berdasarkan riset keyword. Matrik ini sangat penting guna melihat siapa saja mereka yang berada di urutan satu halaman Google.

Gunakan Tools Keyword yang Bagus 

Selanjutnya yakni gunakan Google keyword tool yang memiliki reputasi baik. Ini tentu akan membantu Anda untuk mengetahui tingkat kesulitan agar bisa tembus di halaman utama Google.Nah itulah beberapa informasi seputar carariset keyword SEO dengan baik dan benar. Sekian, semoga bermanfaat!