Begini Cara Memilih Hosting yang Bagus untuk Website Anda

1 min read

cara memilih hosting website terbaik

Bagaimana cara memilih hosting? Begitulah pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Ada beberapa pemilik website yang rugi akibat salah memilih penyedia hosting. Banyaknya pilihan hosting di internet membuat pengembang bingung dan akhirnya terjerumus ke hosting yang buruk.

Tips Memilih Hosting yang Tepat

Hosting adalah server tempat semua file website Anda disimpan, sehingga dapat diakses di internet. Hosting yang baik akan memberikan dampak positif bagi website, begitu juga sebaliknya. Nah, berikut ini adalah beberapa tips memilih hosting terbaik:

Keamanan Hosting

Layanan hosting harus memiliki sarana dan sumber daya untuk menawarkan infrastruktur website yang aman. Protokol keamanan aktif diperlukan untuk melindungi website dari serangan hacker atau kejahatan dunia maya lainnya.

Penyimpanan yang Disediakan

Layanan hosting menawarkan berbagai tingkat penyimpanan tergantung pada kebutuhan Anda.  Misalnya, website yang hanya ada halaman arahan memiliki kebutuhan penyimpanan yang jauh berbeda dari website dengan ratusan halaman konten.

Baca Juga :
Cara Memilih Domain Terbaik Untuk Website

Ketahui Jenis Hosting

Setiap website memiliki hosting. Tetapi tidak setiap website di hosting dengan cara yang sama. Jika Anda baru pertama kali memulai website, Anda harus mempelajari tentang berbagai jenis hosting. Dengan begitu Anda dapat mengetahui opsi mana yang terbaik untuk website Anda.

Ada beberapa jenis-jenis hosting seperti VPS Hosting, Shared Hosting, Dedicated Hosting, dan Cloud Hosting. Pastikan Anda memilih hosting yang tepat. Hal ini karena memilih jenis hosting yang salah dapat menyebabkan masalah besar bagi website Anda nantinya.

Perhatikan Berapa Biaya Hosting

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah biaya hosting untuk setiap bulannya. Biaya hosting paling murah rata-rata sekitar Rp 100.000 per bulan. Meski begitu, ada juga penyedia hosting yang menjual hosting dibawah atau diatas harga tersebut.

Pastikan Anda membaca catatan di kontrak Anda. Hal ini karena banyak layanan hosting menawarkan harga promosi rendah untuk satu atau dua tahun pertama. Kemudian menaikkan harga ke tingkat “standar” setelah periode waktu promosi selesai.

Performa Hosting

Kemampuan kinerja hosting merupakan pertimbangan penting untuk proses pengambilan keputusan. Saat membandingkan kapabilitas kinerja berbagai layanan hosting web, perhatikan perangkat keras apa yang digunakan penyedia hosting.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis server apa yang ingin Anda gunakan untuk website Anda. Pilihan Anda menentukan kinerja apa yang dapat Anda harapkan dari hosting Anda.

Kemudahan Penggunaan

Sebagian besar layanan hosting web paling populer dapat diakses melalui browser web standar. Antarmuka ini memungkinkan Anda untuk memperbarui konten Anda, melacak aktivitas pengunjung, dan mengelola website Anda. Konfigurasi ini berfungsi dengan baik termasuk untuk website sederhana.

Jika Anda perlu menerapkan skrip khusus, menyisipkan kode tertentu, menambahkan widget pelacakan iklan, dan lainnya, Anda perlu meneliti bagaimana mengakomodasi layanan web dengan persyaratan lanjutan tersebut.

Cek Testimoni Pelanggan

Jangan lupa untuk melihat testimoni penyedia hosting. Testimoni adalah pernyataan pelanggan yang membuktikan kinerja, kualitas, atau kepuasan terhadap hosting.

Perhatikan bagaimana ulasan mereka terhadap penyedia hosting tersebut. Jika bagus, Anda dapat memilihnya untuk menghosting website Anda. Namun, jika lebih banyak ulasan negatif, ada baiknya Anda mencari layanan penyedia hosting lainnya.Nah, itulah beberapa cara memilih hosting yang mungkin bisa Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat!