Begini Cara Memilih Domain yang Tepat, Bisa Dicoba Nih!

1 min read

cara memilih domain website

Cara Memilih Domain yang tepat bukan hal yang sulit, selama Anda mengetahui tipsnya. Nama domain sangatlah penting, terutama untuk keberlangsungan website Anda. Hal ini karena nama domain mengkomunikasikan informasi penting yang ingin Anda bagikan kepada pengunjung.

Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

Cara memilih domain untuk website Anda dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari mencari ide sendiri hingga menggunakan tools generator nama domain. Masih bingung cara pilih nama domain? berikut ini tipsnya!

Pilih Nama Domain yang Anda Suka

Tips memilih nama domain paling mudah adalah menggunakan nama domain yang Anda suka. Selama domain yang Anda inginkan masih tersedia, tidak ada salahnya Anda menggunakannya.

Pastikan domain yang Anda gunakan mudah dibaca, diingat, dan diketik orang yang ingin berkunjung ke website Anda. Berikan pengunjung kemudahan untuk mengakses halaman Anda.

Tentukan Nama Domain yang Mudah Dibaca

Pastikan Anda memilih nama domain yang mudah dibaca dan mudah diucapkan. Hindari angka, tanda hubung, huruf ganda, dan karakter khusus. Hal tersebut dapat membingungkan orang tentang apa yang harus mereka ketik saat mencari website Anda.

Menghindari keempat hal tersebut juga membuat nama domain Anda ramah seluler. Saat pengunjung mengetik URL di ponsel, mereka harus beralih antara keyboard alfabet dan numerik, sehingga rawan menyebabkan kesalahan ketik, salah eja, dan kebingungan.

Baca Juga :
Konsep Dasar SEO & Pentingnya SEO Bagi Website
Kursus SEO Gratis Terbaik Terlengkap

Cara Memilih Hosting Terbaik Berkualitas

Pilih Nama Domain yang Ringkas

Domain yang bagus biasanya singkat, jelas, dan padat. Domain yang ringkas pasti lebih mudah diingat, dibanding domain yang panjang. Nama domain yang panjang bisa saja membingungkan, sulit diingat, dan cenderung menyebabkan salah ketik.

Selain itu, domain yang unik juga terkesan lebih kreatif dan lain dari yang lain. Semakin unik nama domain Anda ( jelas dan ringkas), semakin mudah diingat pengunjung.

Contoh nama domain yang bagus seperti Google, Yahoo, Facebook, Baidu, dan sebagainya. Sedangkan contoh nama domain yang harus dihindari misalnya seperti gue-qwer (ada tanda hubung), les99qp (ada angka), wewyyyah (huruf ganda), dan okew$&H (ada karakter)

Cari Ide di Domain Name Generator

Meskipun Anda telah mendapatkan nama domain yang tepat, tetapi ada kalanya domain tersebut sudah ada pemiliknya. Mau tidak mau Anda harus mencari nama domain lainnya.

Salah satu cara mencari ide nama domain adalah dengan Domain Name Generator. Tools ini membantu menyederhanakan proses dengan melakukan brainstorming untuk Anda. Domain Name Generator memberikan saran nama domain yang tersedia untuk dibeli.

Pertimbangkan TLD untuk Domain Anda

Setelah Anda mendapatkan nama domain yang tepat, selanjutnya Anda harus mempertimbangkan dengan cermat TLD (Top Level Domain) untuk domain Anda.

Sederhananya, TLD adalah bagian di akhir domain Anda. Ada banyak sekali jenis TLD misalnya seperti, .com, .org, .net, .me, dan sebagainya. Dari semuanya, .com adalah pilihan terbaik.

Mengapa? hal ini karena .com adalah  TLD pertama dan tertua di internet, bahkan berbagai situs besar pun menggunakan .com. Tak bisa dipungkiri, ekstensi domain .com sejauh ini merupakan akhiran domain yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.Demikian informasi mengenai cara memilih domain yang tepat. Anda dapat menggunakan beberapa tips tersebut untuk mendapatkan domain terbaik pilihan Anda.